Menyoroti Ragam Pelanggaran Hukum Tambang Batubara di Film “Sexy Killers”

Film dokumenter berjudul “Sexy Killers” karya Dandy Laksono yang saat ini ramai jadi perbincangan media sosial semakin menyadarkan masyarakat terhadap buruknya dampak tambang batubara di beberapa wilayah Indonesia. Film berdurasi sekitar 90 menit tersebut menceritakan penderitaan warga akibat kegiatan penambangan batubara. Mulai dari hilangnya lahan pertanian, kriminalisasi, pencemaran lingkungan hingga hilangnya nyawa karena tenggelam dalam lubang galian bekas tambang.

Ragamnya persoalan tersebut tidak lepas dari lemahnya pengawasan pemerintah dan kegiatan pertambangan batubara yang masih tidak sesuai dengan peraturan. Pengamat Hukum Pertambangan Universitas Tarumanegara, Ahmad Redi menyatakan film tersebut merupakan cerminan riil dari kondisi pertambangan batubara di Indonesia. Dia menjelaskan terdapat praktik perusahaan-perusahaan tambang beroperasi tidak sesuai dengan peraturan.

sumber: https://www.hukumonline.com/berita/baca/lt5cb9b5080aa28/menyoroti-ragam-pelanggaran-hukum-tambang-batubara-di-film-sexy-killers